Rabu, 23 Maret 2011

Buku Panduan RA Baiturrahmah 2011-2012

BUKU PANDUAN
TAHUN AJARAN 2011 – 2012






















RAUDHATUL ATHFAL BAITURRAHMAH
Jalan Slamet Riyadi no 47 Sukoharjo



KATA PENGANTAR


Anak adalah karunia terindah yang Alloh berikan kepada kita, sebab itu amanah ini harus kita jaga dan kita didik sehingga menjadi anak yang dapat dibanggakan dihadapan Alloh baik di dunia maupun di akherat. Untuk itu pendidikan yang kita berikan haruslah yang sesuai dengan keinginan yang ramah anak,Maha mencipta.
Mendidik anak tidaklah semudah membalikkan tangan, berubah tiba-tiba secara instan A berubah menjadi B, namun mendidik anak memerlukan proses yang lama agar anak itu berubah menjadi seperti yang kita harapkan.Pada masa golden age atau masa-masa emas anak mudah sekali menyerap apa yang ia lihat, ia dengar dan ia rasakan seperti kertas putih bagaimana kita mencoretnya.
Dimulai dari rumah dan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar di mana ia bersosialisasi dan bergaul, pertumbuhan dan perkembangan anak akan terbentuk. Atas dasar itulah kami mengawali pendidikan anak dengan pola – pola Islami sebagai pondasi dalam menghadapi kehidupan yang akan datang, sebab pendidikan usia dini baru akan terlihat hasilnya ketika anak itu sudah dewasa.
Dalam rangka mewujudkan sebuah pendidikan yang sesuai dengan kondisi anak sebagai amanah dari Alloh dan membantu orang tua dalam mendidik dan dengan modal pembelajaran ramah anak, RA Baiturrahmah membantu mengembangkan segala aspek kemampuan dan kecerdasan anak. maka kami membuat sebuah program rencana kegiatan tahun ajaran 2011 – 2012 untuk dapat diketahui oleh berbagai pihak demi lancarnya pendidikan di RA Baiturrahmah Sukoharjo.
Demikianlah Buku panduan ini sebagai pedoman dan pijakan dalam menapaki hari – hari di Tahun 2011 – 2012.


Sukoharjo Juli 2011
RA Baiturrahmah Sukoharjo
Kepala



Hj. Sri Sultinah, S.Ag, M.P.d.I
NIP.195404041979032003





IKRAR

Bahasa Indinesia

Kami putra dan putri RA Baiturrohmah Sukoharjo
Demi baktiku kepada Illahi dan cintaku kepada Rosululloh aku berjanji
1. Rajin sholat sepanjang hayat
2. Berbakti kepada ibu dan ayah
3. Hormat dan patuh guru
4. menuntut ilmu tiada jemu
5. mencintai dan menyayangi teman-teman


Bahasa Inggris

We are the studen of RA Baiturrahmah Sukoharjo
For my loyality to Allah and my love to Rosululloh I promise

1. always sholat forever
2. Devotion to my parents
3. respect my teacher
4. studying as long as I life
5. love to all my friend


























DAFTAR ISI

1. Kata Pengantar
2. Ikrar
3. Daftar Isi
4. Tujuan Pendidikan
5. Program Pendidikan
6. Materi Ibadah
7. Pusat Sumber Belajar
8. Kelender Pendidikan
9. Tata Tertib
10. Penutup

































TUJUAN PENDIDIKAN
RAUDHATUL ATHFAL BAITURRAHMAH

Penyelenggaraan pendidikan di Raudhatul Athfal/Bustanul Athfal ( RA/BA) bertujuan untuk membantu meletakan dasar ke arah perkembangan akhlak/moral, pengetahuan, ketrampilan, dan daya cipta yang diperlukan anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta memberikan bekal kemampuan dasar bagi siswa dalam mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan mendidik siswa menjadi manusia yang bertaqwa dan beriman, berbudi pekerti dan berakhlak mulia sebagai muslim yang menghayati dan mengamalkan agamanya.
RA Baiturrahmah Sukoharjo adalah sebuah Lembaga pendidikan yang bertujuan untuk memaksimalkan perkembangan anak usia dini di bidang akhlak/ moral, daya cipta, ketrampilan dan kemampuan bersosialisasi yang merupakan perpaduan antara bermain dan belajar dengan tanpa meninggalkan nilai-nilai keislaman.
RA Baiturrahmah juga bertujuan untuk membekali anak didik agar memiliki jiwa yang berakhlak mulia untuk membentengi diri dari arus perkembangan zaman yang selalu berubah-ubah.
Adapun tujuan secara khusus pendidikan di RA Baitua rrahmah adalah supaya :
1. Anak mampu melakukan ibadah mengenal dan percaya akan ciptaan Tuhan dan mencintai sesama.
2. Anak mampu mengelola ketrampilan tubuh termasuk gerakan-gerakan yang mengontrol gerakan tubuh, gerakan halus, dan gerakan kasar serta menerima rangsangan sensorik (panca indra).
3. Anak mampu menggunakan bahasa untuk pemahaman bahasa pasif dan dapat berkomunikasi secara efektif yang bermanfaat untuk berfikir dan belajar.
4. Anak mampu berfikir logis, kritis, memberi alasan, memecahkan masalah dan menemukan hubungan sebab-akibat.
5. Anak mampu mengenal lingkungan alam, lingkungan sosial, peranan masyarakat dan menghargai keragaman sosial dan budaya. Serta mampu mengembangkan konsep diri, sikap positif terhadap belajar, kontrol diri dan rasa memiliki.
6. Anak memiliki kepekaan terhadap irama, nada, birama berbagai bunyi, bertepuk tangan, serta menghargai hasil karya yang kreatif.



Visi : Terbentuknya Generasi Muslim yang bertaqwa, berintektual,
Berakhlakul karimah, kreatif dan bertanggung jawab

Misi :
1. Mewujudkan sistem pendidikan yang menyeimbangkan IMTAQ (iman dan taqwa) dan IPTEK (Ilmu dan Pengetahuan Teknologi)
2. Menanamkan pendidikan agama sejak dini berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah
3. Melaksanakan kegiatan belajar yang aktif, inovatif, efektif dan menyenangkan dalam menumbuhkembangkan potensi anak
4. Melahirkan guru yang berkwalitas dan mendidik dengan hati (pendidikan Ramah anak)
5. Mewujudkan RA Baiturrahmah sebagai RA Unggulan dan RA Model























PROGRAM PENDIDIKAN

A. Program Pelajaran
Program kegiatan belajar merupakan suatu kesatuan program kegiatan belajar yang utuh dan dilandasi oleh maksud utama untuk pembinaan kehidupan beragama.Materi yang dikembangkan sesuai dengan multiple intelegen:
 Akhlakul Karimah
- Tata cara berakhlakul karimah - Disiplin terhadap diri sendiri dan
terhadap Allah lingkungan
- Bermasyarakat - Mengontrol diri
- Bersikap terhadap Binatang
 Ibadah
- Rukun Iman - Mengucapkan hadist pendek
- Rukun Islam - Praktek sholat
- Mengucap hafalan surat pendek - Sejarah nabi dan rosul
- Mengucapkan hafalan doa sehari-hari

B. Program Extra
- Iqro - Jaritmatika
- Komputer anak - Menyanyi
- Bahasa Inggris - Menari
- Filtrip - Outbond anak
- Wisata Pendidikan - Father’s day
- Polisi sahabat anak
C. Pelayanan
-. Pemeriksaan kesehatan oleh dokter ( 3 bulan sekali)
- Bibingan Konseling oleh Psikolog
- Pemeriksaan gigi
- Pengukuran berat/tinggi badan

Adapun referensi kegiatan tersebut disesuaikan dengan tema yang ada dengan model pembelajaran menggunakan Kurikulum yang terbaru dengan prinsip belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar.


PUSAT SUMBER BELAJAR

Kegiatan yang dilakukan di pusat sumber belajar meliputi:
1. Bahasa Inggris
Kegiatan dipusat ini adalah anak belajar bahasa Inggris sederhana yang meliputi pengenalan warna, angka, anggota badan, nama-nama hari, mengucap salam, nama perlatan sekolah, nama binatang, buah-buahan, keluargaku, serta mengenal kosa kata sederhana.
2. Laboratorium Komputer
a. PLAY AND LEARN
• Mencocokan gambar yang berwarna dan tidak berwarna
• Puzzel berbagai bentuk binatang, kendaraan, rumah dll
• Mengenal berbagai macam suara binatang, alat musik, alat transpotasi, alat pertukangan, dan berbagai macam suara lain misalnya suara goreng telor, jam dinding dll
• Memasang benda dengan pasangannya misalnya gunting dengan sisir dll
• Menggabungkan beberapa bentuk menjadi satu bagian
• Mengenal jumlah
• Mengenal huruf
• Mazes
• Danberbagai game lainnya seperti memori, Dial telepon, kreasi stempel
b. SEHARI BERSAMA ACER
• Kegiatan sehari-hari Acer misalnya mengenalkan susunan keluarga, puzzle taman dimana acer bermain
• Sempoa
• Musik
c. ANAK CERDAS ( PENGENALAN)
• Memasukkan benda geometri ke lubang dengan tepat
• Memasukan benda kedalam bentuk yang sudah jadi
• Mewarnai gambar sederhana
• Menggambar
d. BELAJAR AKSARA DAN ANGKA
• Anak dikenalkan dengan berbagai macam huruf melalui
e. Urutan huruf
f. Mengisi huruf pertama
g. Memasang huruf kecil dengan huruf besar
• Aksara
a. Urutan angka dari 1 – 10 dan 1-20
b. Menghitung jumlah benda
c. Mengurutkan angka

e. PENGAYAAN DENGAN MATERI CALISTUNG DENGAN EDUGAME KOMPUTER

3. Ibadah
Pendidikan anak sungguh teramat unik, ibarat kertas putih kami menorehnya dengan torehan yang terbaik. Didini anak belajar membaca dengan model pembelajaran Iqro dan prektek serta bacaan sholat.
4. Perpustakaan
Perpustakaan merupakan sumber dari ilmu dimana disini disediakan buku-buku yang menunjang keingin tahuan anak. Berbagai macam buku ceritera tersedia disini. Dipusat sumber belajar perpustakaan anak juga bisa menonton film pendidikan.
5. Kegiatan Inti
Di RA Baiturrahmah kegiatan inti masih menggunakan model pembelajaran ramah anak yang memadukan kurilukum dari Depag dan dari Diknas.
Setiap anak yang dilahirkan dalam keadaan cerdas, namun kecerdasan itu tidak hanya sebatas anak mampu untuk membaca, menulis dan berhitung, ternyata keerdasan itu sendiri ada bermacam-macan. Sehingga bias jadi anak itu cerdas dibidang musik namun kurang dibidang bahasa atau matematika begitu juga sebaliknya. Beberapa kecerdasan yang dikembangkan di RA baiturrahmah yang dilaksanakan dalam berbgai kegiatan dalam setiap harinya adalah
• Kecerdasan Bahasa / Linguistik
Kecerdasan bahasa menekankan pada kemampuan indivdu dalam menggunakan bahasa sebagai simbol dan media perantara komunikasi. Kemampuan merangkai suatu pemahaman atau informasi ke dalam gagasan tertulis yang sistematis dan mampu memikat perhatian lingkungan. Salah satu indikator dari kecerdasan bahasa antara lain adalah:
- Senang bila mendengar cerita
- Mampu menyebutkan nama lengkap dirinya
- Mampu bertanya untuk memperoleh informasi
- Mampu menceritakan pengalamannya
- Mampu berdiskusi tentang cerita yang didengar atau dilihat di televisi / VCD
- Mampu memilih obyek / gambar yang hampir sama
- Mempunyai rasa percaya diri yang berkembang
- Dapat membuat kata sebanyak- banyaknya dari suku kata awal
- Mampu melengkapi kalimat sederhana
- Mampu mengekpresikan diri melalui gerakan yang sederhana
- Mampu mengekpresikan diri melalui dramatisasi sederhana
- Mampu menggunakan kata ganti ( aku, kamu, saya)
- Mampu mengucapkan suku kata dalam nyanyian
- Mampu menggunakan kata sambung ( dan, karena, tetapi)
- Mampu mengarang kisah khayal, lelucon atau cerita sederhana
- Suka menulis kreatif dirumah
- Sangat mengingat nama, tanggal, tempat aau hal-halkecil
- Mampu mengeja kata-kata sederhana
- Mampu mengucapkan sajak sederhana dan bermain kata
- Menulis dengan baik sesuai dengan usianya
- Mampu menceritakan kembali, dan melucu
- Memiliki kosakata yang sesuai dengan usianya.
.
• Kecerdasan moral berkaitan dengan interaksi manusia terhadap sesamanya, nilai dan norma berperan dalam pembentukan sistem nilai yang kelak menjadi pedoman dalam hidup bermasyarakat. Parameter dari kecerdasan moral itu sendiri adalah:
- mengenal tempat ibadah
- menyebutkan ciptaan-ciptaan Allah
- berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
- senang melakukan sholat
- suka menolong
- mengenal agama yang dianutnya
- memahami perilaku mulia

• Kecerdasan natural merupakan kemampuan individu untuk memahami lingkungan sekitarnya dan berhubungan dengan pemanfaatan sumber alam bagi keperluan hidup.
Parameternya adalah:
- mampu berbicara banyak tentag binatang kesayangannya.
- Senang merawat bunga atau binatang
- Suka berkarya wisata
- Menunjukkan kepekaan terhadap bentuk alam (gunung, awan, pelangi dll)
- Minat terhadap berkebun
- Senang menirukan ingkah laku binatang
- Senang bertaya tentang fenomena alam
- ,memahami keguanaan binatang/tanaman
- Dapat menjelaskan secara sederhana guna air, api dll
• Kecerdasan mengenal orang lain merupakan kemampuan individu untuk bekerjasama, berhubungan baik dengan orang lain selama berinteraksi dan mampu memperhitungkan keberadaanya dan menempatkan diri dengan kebiasaan yang berlaku
Parametenya adalah :
- mempunyai banyak teman
- mampu bersosialisasi di sekolah dan di lingkungan rumah
- mempu menikmati kegiatan permainan kelompok
- memperlihatkan keinginannya untuk bersekolah
- suka berkunjung ke rumah kerabat/teman
- mampu berbagi perhatian
- senang berada diantara orang lain
- mempu bekerjasama dengan tan
- mau berbagi dengan teman
- suka bersosialisasi dengan teman sebaya
- memiliki bakat kepemimpinan
- memberi saran sederhanakepada teman yang mempunyai masalah
- memiliki banyak tean
- memiliki empati terhadapa orang lain secara sederhana
• Kecerdasan mengenal diri sendiri merupakan suatu bentuk kemampuan seseorang untuk memahami diri sendiri, mengenali emosi dan mengarahkannya sedemian rupa untuk berekspresi secara tepat, bereaksi terhadap lingkungannya yang sesuai dengan situasi yang dihadapi
Parameter ini dapat ditunjukkan dengan:
- mulai mampu menerima aturan dari orang lain
- mampu memperlihatkan konsep diri kearah positif
- mulai dapat mengenal benar dan salah
- merasa senang atas kemajuan yang dicapai
- mulai dapat mengendalikan emosi
- mampu menunjukkan emosi yang wajar bila marah, sedih, sakit dll
- mampu mengenal dirinya sendiri dalam tahap sederhana
- memiliki ketertarikan atau hobi tertentu walaupun tidak banyak membicarakan
- mampu mngutarakan perasaan dirinya.

• Kecerdasan Logika Matematika
Kecerdasan logika matematika merupakan kemampuan berpikir logis, berpikir induktif-deduktif, mengamati sesuatu dan menyimpulkannya menjadi sesuatu keterkaitan yang dapat dimengerti dan menggunakan informasi tersebut untuk mendekati permasalahn serta mencari solusi yang tepat.
- Mampu membedakan bentuk- bentuk sederhana yang berlainan
- Mampu mengingat atau mengulang dua atau tiga benda berlainan dalam konsep yang sama, misalnya : 5,7,9 atau merah / biru / kuning
- Mampu mengenali 8 warna sederhana
- Mampu menyebutkan kegunaan benda yang biasa ditemui di rumah, di sekolah ( misalnya: jaket dipakai, pisang dimakan)
- Mampu mengerti konsep angka 1-5 dan lebih tinggi lainnya
- Mampu mengerti konsep sederhana seperti besar- kecil, keluar- masuk
- Mampu mengikuti petunjuk sederhana
- Mampu memakai sepatu sendiri dengan benar
- Mampu mengancingkan jaket sendiri
- Mampu makan dengan sendok dan garpu
- Mampu menggunakan konsep waktu ( hari ini, besok, sekarang, nanti)
- Mampu mencari / menunjuk sebanyak- banyaknya benda atau hewan yang mempunyai warna, bentuk, dan ciri-ciri tertentu
- Mampu mengenal alat untuk mengukur
- Mampu mengenal alat untuk mengukur
- Mampu mengenal penambahan dan pengurangan secara sederhana
- Mampu memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2-3 pola ( merah / kuning………)
- Mampu memasangkan benda sesuai dengan pasangannya
- Mampu menyebutkan benda yang berbentuk geometri
- Mampu mengenal konsep bilangan sama dan dan tidak sama
- Mampu mengenal lambang bilangan
- Mampu menjelaskan cara kerja benda secara sederhana
- Senang mencari permainan matematika yang menarik di komputer ( atau jika tidak menjelajah komputer, anak menikmati berbagai permainan bentuk matematika atau penjumlahan)
- Senang bermain catur, dam, menggambar dengan petak-petak, dan permainan lain yang menggunakan strategi ( pra sekolah, permainan papan penjumlahan)
- Menyukai puzzles atau Braintreasure ( pra sekolah mendengarkan petualangan Alice di Wonderland)
• Kecerdasan Visual Spasial
Kecerdasan visual spasial merupakan kemampuan individu membayangkan terhadap hal-hal yang bersifat abstrakmisalnya membaca peta, penunjuk arah, mematakan gambar secara abstrak dalam pikiran untuk digunakan menyelesaikan masalah.
Indicator dari kecerdasan visual spasial antara lain adalah:
- Pandai menggambar
- Mampu memilah objek atau gambar yang hampir sama
- Mampu mencontoh gambar lingkaran atau kotak
- Mampu membuat gambar sederhana
- Mampu melukis dengan jari / Finger painting atau kuas
- Senang mencoret- coret
- Mampu menggambar sosok orang atau aslinya
- Lebih mudah memahami suatu konsep melalui gambar
- Suka berimajinasi
- Menceritakan kembali dengan jelas khayalan visualnya
- Membaca peta, chart, diagram lebih mudah dibandingkan dengan membaca tulisan ( pra sekolah menyukai melihat gaambar / lukisan dibandingkan dengan tulisannya)
- Mempunyai banyak impian dibanding teman sebayanya
- Menyukai aktivitas seni
- Menggambar sebuah figure sesuai dengan usianya
- Menyukai tampilan gambar pada film maupun presentasi visual lainnya
- Menyukai permainan puzzles
- Membangun ketertarikan kontruksi tiga dimensi sesuai dengan usianya( pra sekolah diajarkan bermain lego)
- Belajar lebih banyak berhasil dengan menggunakan gambar daripada dengan kata-kata ketika membaca
- Membuat coretan gambar pada buku atau bahan- bahan lainnya
• Kecerdasan Kinestetik Tubuh / Bodily Kinestetik
Kecerdasan olah tubuh berhubungan dengan kemampuan tubuh dalam mengendalikan gerakan dalam upaya menghasilkan suatu karya, memecahkan permasalahan atau komunikasi
- Mampu berlari atau berhenti mengikuti perintah
- Mampu menangkap bola dengan variasi ukuran
- Mampu melompat 2-3 kali dengan satu kaki dalam satu garis
- M ampu bergerak bebas sesuai dengan irama musik
- Mampu melakukan senam dengan berbagai variasi gerakan
- Mampu menirukan beberapa macam gerakan hewan / tananam
- Senang terlibat dalam gerakan fisik seperti berenang, sepeda
- M ampu melompat, lari, bergulat
- Suka membongkar berbagai benda dan kemudian menyusunnya kembali
- Senang dengan kegiatan yang melibatkan fisik
- Menyukai satu atau lebih kegiatan olah raga ( pra sekolah memperlihatkan kecakapan fisik sesuai dengan usianya)
- Mampu bergerak sesuai dengan ketukan
- Memiliki mimik yang cerdas, dan mengerti gerak isyarat sederhana
- Menunjukkan ketertarikan dengan menyentuh benda yang baru dijumpai
- Menunjukkan kemampuan koordinasi motorik yang baik
- Suka bekerja dengan tanah liat atau finger painting
• Kecerdasan Musik
Kecerdasan musikal merupakan kemampuan individu dalam melatih kepekaan terhadap bunyi dan nada, kemampuan dalam kerangka lirik/lagu, memaikan alat musik dan menyusun komposisi nada sehingga dapat menghasilkan suatu karya, menghasilkan bunyi yang teratur seperti halnya dalam bermusik
- Mampu bersenandung mengikuti irama musik
- Mampu bernyanyi untuk diri sendiri atau orang lain
- Lebih mudah belajar dengan irama musik
- Mempunyai suara yang bagus untuk usianya
- Senang mengkoleksi CD / kaset
- Memberikan reaksi yang relatif kuat terhadap berbagai jenis musik
- Senang bersenandung
- Dapat menyanyikan lagu yang bervariasi
- Mampu memainkan alat musik sederhana ( triangle, kastanyer, rebana)
- Memberitahu ketika ada suara musik sumbang atau berisik dengan caara lainnya
- Mampu mengingat melodi suatu lagu
- Mampu membuat irama diatas meja ( dengan mengetukkan jari) saat belajar
- Memiliki kepekaan terhadap suara alam ( hujan diatas atap)
- Merespon apa yang disukai walaupun dari musik yang diputar sebentar














PERENCANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN RA BAITURRAHMAH
TAHUN 2011-2012

KELOMPOK A
SEMESTER I SEMESTER II
I. PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK
1. Mengenal Allah dan ciptaanNya
2. mengenal malaikat dan tugas-tugasnya
3. mengenal riwayat nabi dan sifat-sifatnya
4. mengucapkan 2 kalimat syahadat dengan fasih
5. Ikrar kerelaan
6. Rukun Islam
7. arti shaum dan manfaatnya
8. arti zakat dan manfaatnya
9. Mengemnal hari raya agama Islam (Idul fitri dan Idul Adha)
1. Mengenal Allah dan ciptaanNya
2. mengenal malaikat dan tugas-tugasnya
3. mengenal riwayat nabi dan sifat-sifatnya
4. mengucapkan 2 kalimat syahadat dengan fasih
5. Ikrar kerelaan
6. Rukun Islam
7. Rukun Iman
8. arti shaum dan manfaatnya
9. arti zakat dan manfaatnya
10. Mengemnal hari raya agama Islam (Idul fitri dan Idul Adha
II. HAFALAN DOA
1. Syahadat beserta arti
2. ikrar belajar
3. kedua orang tua
4. awal acara
5. keluar dan masuk rumah
6. sebelum dan bangun tidur
7. makan dan selesai makan
8. Niat puasa 1. Kerelaan
2. kebaikan dunia dan akhirat
3. masuk dan keluar masjid
4. masuk dan keluar kamar mandi
5. bercermin
6. ketika turun hujan
7. ketika hujan reda
8. menengok orang sakit
III. HADITS
1. Larangan marah
2. Adab makan
3. Adab minum
4. Kewajiban menuntut ilmu
5. Berkata yang baik 1. mengasihi yang ada dibumi
2. Shaum
3. Surga
4. Ridho Orang Tua
5. Silaturrahmi
IV. SURAT PENDEK
1. Al Fatihah
2. An Naas
3. Al Ikhlas
4. Al Kautsar
5. Al Asr 1. Al Falaq
2. Al lahab
3. An Nasr
4. Al Fiil
5. Al Maun
V. FASHOLATAN
1. Niat Wudhu
2. Praktek wudhu
3. Tata Cara wudhu
4. Niat sholat
5. Praktek Sholat
6. Bacaan Takbir dan rukuk 1. Niat Wudhu
2. Praktek wudhu
3. Tata Cara wudhu
4. Niat sholat
5. Praktek Sholat
6. Bacaan Takbir , rukuk,I’tidal dan sujud
VI. HURUF HIJAIYYAH DAN BAHASA ARAB
1. Anggota badan
2. Angka arab
3. Keluarga 1. Binatang
2. Bulan hijriyah
3. Buah-buahan
VII. ASMAUL HUSNA
IX. KALIMAT THIYYIBAH


KELOMPOK B
SEMESTER I SEMESTER II
I. PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK
1. Mengenal Allah dan ciptaanNya
2. mengenal malaikat dan tugas-tugasnya
3. mengenal riwayat nabi dan sifat-sifatnya
4. mengucapkan 2 kalimat syahadat dengan fasih
5. Ikrar kerelaan
6. Rukun Islam
7. arti shaum dan manfaatnya
8. arti zakat dan manfaatnya
9. Mengemnal hari raya agama Islam (Idul fitri dan Idul Adha)
1. Mengenal Allah dan ciptaanNya
2. mengenal malaikat dan tugas-tugasnya
3. mengucapkan 2 kalimat syahadat dengan fasih
4. Ikrar kerelaan
5. Rukun Islam
6. Rukun Iman
7. arti shaum dan manfaatnya
8. arti zakat dan manfaatnya
9. Mengemnal Nabi Ulul azmi
10. sifat wajib bagi Allah
11. Azan dan Iqomah
II. HAFALAN DOA
1. Syahadat beserta arti
2. ikrar belajar
3. kedua orang tua
4. awal acara
5. keluar dan masuk rumah
6. sebelum dan bangun tidur
7. makan dan selesai makan
8. Niat dan berbuka puasa
9. menengok orang sakit
10. memakai pakaian dan melepas pakaian
11. mendengar petir
12. naik kendaraan 1. Kerelaan
2. kebaikan dunia dan akhirat
3. masuk dan keluar masjid
4. masuk dan keluar kamar mandi
5. bercermin
6. ketika turun hujan
7. ketika hujan reda
8. menengok orang sakit
9. dilapangkan dada dan dimudahkan urusan
10. bila mendengar musibah
11. akhir majlis
12. sesudah wudhu
13. mendengar adzan sesudah adzan
III. HADITS
1. Larangan marah
2. Adab makan
3. Adab minum
4. Kewajiban menuntut ilmu
5. Berkata yang baik 1. Niat
2. mengasihi yang ada dibumi
3. Shaum
4. Surga
5. Ridho Orang Tua
6. Silaturrahmi
IV. SURAT PENDEK
1. Al fiil
2. Al Maun
3. Al Quraisy
4. Al Qadar
5. Al humazah
6. Al Qariah 1. At Takatsur
2. Al Adiyat
3. al Zalzalah
4. AL insyirah
5. Ayat Kursi
6. Al Lukman 12-15
V. FASHOLATAN
7. Niat Wudhu
8. Praktek wudhu
9. Tata Cara wudhu
10. Niat sholat
11. Praktek Sholat
12. Bacaan Takbir ,rukuk,I’tidal sujud, iftitah, iftirosy, tasyahud awal 7. Niat Wudhu
8. Praktek wudhu
9. Tata Cara wudhu
10. Niat sholat
11. Praktek Sholat
12. Bacaan Takbir , rukuk,I’tidal dan sujud iftitah, iftirosy, tasyahud awal, tasyahud akhir, salam
VI. HURUF HIJAIYYAH DAN BAHASA ARAB
4. Anggota badan
5. Angka arab
6. Keluarga 1. Binatang
2. Bulan hijriyah
3. Buah-buahan
VII. ASMAUL HUSNA
IX. KALIMAT THIYYIBAH

KALENDER KEGIATAN

No Bulan Kegiatan Keterangan
1 Juli Orientasi Sekolah
KBM Dilaksanakan dilingkungan Sekolah
Agustus Peringatan hari kemerdekaan
Ramadhan ceria Di sekolah
Sepetember
Pembagian zakat D iserambi masjid
Oktober KBM Di kelas masing-masing
Nopember Kunjungan Dokter Di kelas masing-masing
Desember Penerimaan rapot(teater kecil)
Libur sekolah Di kelas masing-masing
Januari Cooking class Di sekolah
Februari Polisi sahabat anak Di Serambi Asjid
Maret Outbond kids Di tempat outbond
April Filtrip Di uar sekolah
Mei Tes IQ Di sekolah
Juni akhirussanah Di halaman sekolah


















TATA TERTIB PESERTA DIDIK


1. Waktu Sekolah:
TK A dan TK B : Senin sampai Kamis pembelajaran ramah
Jumat Fasholatan dan Sabtu ekstra
Waktu : Senin Sampai Kamis mulai Pukul 7.30 sampai pukul 11.00
Jumat mulai pukul 7.30 sampai
2. Seragam
TK A & B : Senin – Selasa : Hijau Toska rompi berjilbab/peci
Rabu - Kamis : Batik Baiturrahmah
Jumat – sabtu : Olahraga berjilbab/topi

3. Untuk TK A & B Setiap hari anak mengikuti Iqro sebelum pelajaran dimulai pukul 7.00
4. siswa tidak diperkenankan membawa uang jajan
5. Hari Jumat diadakan Jumat amal
6. tidak diperkenankan membawa mainan dari sekolah
7. Dilarang memakai perhiasan menyolok
8. Rambut laki-laki harus rapi dan dipotong pendek
9. membiasakan salam terhadap guru dan teman
10. memasuki kelas sepatu harus dilepas
11. Pengantar tidak boleh masuk kedalam kelas ketika KBM sedang belangsung
12. Mohon orang tua/ wali murid bekerjasama dengan sekolah















SUSUNAN PENGURUS

1. Penanggung jawab : dr Hj. Siti Nurjanah, Sp.THT,MMR

2. Kepala Sekolah : Hj.Sri Sultinah, S.Ag, M.Pd.I

3. Bidang Administrasi Keuangan : Dyah Kusumawati, S.Pd
Dra HjAnis Dwi listianti

4. Bidang Adminstrasi Tata Usaha : Martini, S.Pd.I

5. Koordinator Kelembagaan : Yuni Hastuti, S.Pd.I
Sri Haryanti, A.Ma
Tatik Maryanti, S.Pd.I
Sumani
Sugiyanti

6. Kepegawaian : Titik Suryani, S.Ag
Endang Werdiningsih
Hariyati, S.Pd
Suswanti

7. Sarana dan Prasarana : Sularmi
Riyati, S.Pd.I
Sitati Hidayati
Sri Riyanti

8. KB TAAM : Eli Maslikhah, M.Pd.I
Etiek Prabandari, S.Pd
Anis Setyowati













DAFTAR NAMA GURU DAN ALAMAT

NO NAMA ALAMAT TELP
1 Sri Sultinah, M.Pd.I Perum pandeyan Permai Rt 4/IV Grogol Sukoharjo 081575943800
2 Sularmi Mandan Rt 02/9 Mandan Sukoharjo 081915333833
3 Anis Setyowati Mulur Rt 4/IV bendosari Sukoharjo 085740155655
4 Tatik maryanti,SPdI Sanggrahan Rt 1/V Joho SKH 081226360406
5 Sri Riyanti Jombor Rt 3/VIII Jombor Bds SKH 085867242320
6 Etiek Prabandari,SPdI Mojo Rt2/V No 4 Gayam SKH 081329207617
7 Endang Werdiningsaih Mojo Rt2/V Gayam SKH (0271)592813
8 Haryanti,SPdI Mojo Rt2/V Gayam SKH 081804528305
9 Sugiyanti Jl. Baratu Samiran 23A Jogo bayan Rt2/I Gayam SKH 081329290467
10 Eli Maslikhah,M.Pd.I Perum Joho Baru Blok X No 4 SKH 081327666275
11 Sumani Perum KORPRI Blok V.18 Gayamsari Rt2/XIV Gayam SKH 081329515912
12 Martini,SPdI Jogobayan Rt2/I Gayam SKH 085229130720
13 Hj. Dra Anis Dwi Listiyanti Jl. Gaweyan No16 Rt3/I SKH
14 Yuni Hastuti,SPdI Johosari Rt2/III Joho SKH (0271)592642
15 Sri Haryanti,A.Ma Jogobayan Rt2/I Gayam SKH 081393511893
16 Dyah Kusumawati,SPdI Balesari Rt2/II Mulur Bendosari SKH 085728295612
17 Sitati Hidayati Perum Pandean Permai Rt4/IV Grogol SKH 081393955657
18 Suswanti Pandean Rt3/III Jetis SKH
19 Titik Suryani,Sag Jl. Manyar No.5 Ngepakan SKH 08122589927
20 Satino Seliran Rt3/V Jetis SKH 081804594349
21 Sumarno Mranggen Rt1/III Joho SKH
22 Triyono Pandean Rt3/III Joho SKH
23 Samsuri Jati Demangan Rt1/VIII Mulur Bendosari
25 Riyanti,SPdI Pandanan Rt11/05,Wonosari,Klaten 08172859085















PENUTUP


Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, yang telah memberikan kekuatan lahir dan batin hingga kami dapat menyelesaikan panduan rencana program RA RA Baiturrahmah ini.
Kami ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak, yang telah memberikan bimbingan dan bantuan kepada kami dalam menyelesaikan program ini. Semoga apapun yang bapak ibu berikan kepada kami akan dicatat sebagai amal yang sholeh dan mendapat balasan yang setimpal dari Allah Subhanahu Wata’ala.
Kami masih membutuhkan kritik, saran, dan masukan dari semua pihak demi kemajuan RA Baiturrahmah.
Akhirnya, dengan mengharap ridho serta bimbingan dari Allah Subhanahu Wata’ala, mudah-mudahan program ini dapat terealisasi dengan sebaik-baiknya.





0 komentar:

Posting Komentar